Badan Lingkungan Hidup Kalsel Beri Sanksi pada 26 Perusahaan

AMPUH, Banjarmasin
Sebanyak 26 perusahaan dijatuhi sanksi oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) karena tidak mengelola lingkungan secara benar.

“Ada 26 perusahaan yang saat ini tengah kita awasi dan sebelumnya telah dijatuhi sanksi administrasi dan teguran,” kata Kepala Bidang Pengendalian Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kalsel Sutikno di Banjarmasin, Selasa (14/5).

Menurutnya, 26 perusahaan yang dijatuhi sanksi itu sebelumnya dipantau oleh BLHD Kalsel dan dari hasil pantauan ternyata pengelolaannya tidak benar. dari 26 peusahaan, 12 di antaranya dijatuhi sanksi administrasi dan 14 perusahaan lagi ditegur.

Meski baru berupa sanksi teguran dan administrasi, ujarnya, hal itu berpengaruh pada hasil proper perusahaan, bahkan bukan tidak mungkin perusahaan yang mengabaikan lingkungan izin operasionalnya akan dicabut.

Sementara itu, Kepala BLHD Kalsel Ikhlas Indar mengatakan akibat keterbasan dana pihaknya baru bisa mengawasi 80 perusahaan dari ratusan perusahaan yang beroperasi di provinsi itu. “Perusahaan tambang ada sekitar 200. Belum lagi perusahaan perkebunan dan lainnya. Tenaga dan anggaran kita sangat terbatas,” katanya. (metro/Esra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *