Sosialisasi UU No.17 Tahun 2013, Pemprop DKI Gandeng Ormas dan LSM AMPUH

LSM AMPUH

Acara sosialisasi UU Organisasi Kemasyarakatan No. 17 tahun 2013 di Hotel Grand Prioritas, Puncak Cisarua, Bogor, dengan tema “Peningkatan Sinergitas Ormas dan LSM Dalam Pemantapan Persatuan Kesatuan Bangsa Tahun 2014, Senin (5/5/2017). (Foto: Dani Ogan).

Bogor, Ampuh
Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi Undang-undang Organisasi Kemasyarakatan Nomor 17 tahun 2013 di Hotel Grand Prioritas, Puncak, Cisarua, Bogor, dengan tema Peningkatan Sinergitas Ormas dan LSM Dalam Pemantapan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Tahun 2014.

Acara yang digelar selama tiga hari dimulai dari tanggal 05 s/d 07 Mei 2014. Dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Propinsi DKI Jakarta, H.Fatahillah, dan dalam sambutannya pria yang pernah menjabat sebagai Walikota Jakarta Barat ini, mengungkapkan dengan adanya sosialisasi Undang-undang ini kedepannya peran Ormas dan LSM bisa lebih bersinergi dengan pihak pemerintah, karena Ormas harus lebih tahu fungsi dan tujuan mereka.

Saya sangat gembira hari ini bisa berkumpul dengan para aktivitis, dan saya berharap peran Ormas dan LSM kedepannya dapat lebih bersinergi dengan pihak pemerintah khususnya Pemprop DKI dan saya berharap nantinya dengan adanya undang-undang terbaru ini. “Ormas dan LSM lebih mengetahui Fungsi serta tujuan dari Ormas itu sendiri,” pungkas Fatahillah.

Sesi awal yang dimulai pada pukul 16.30 Wib diroom metting yang berada dilantai 2 Hotel Grand Prioritas dengan Pembicara, H. Darwis SH,M.Si., selaku Kepala Bidang Kelembagaan Bakesbangpol Propinsi DKI Jakarta,dan pada sesi kedua di isi oleh pembicara dari Departemen Dalam Negeri, dimulai dari pukul 19.30 hingga pukul 21.30 Wib sesi awal diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan pembicara yang mengangkat topik Sosialisasi UU No.17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Lembaga Swadaya Masyarakat Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup (LSM – AMPUH) sebagai peserta dalam kegiatan Pemprop DKI ini sangat antusian mengikuti tahapan demi tahapan sesi acara yang memberikan pengetahuan tentang ruang lingkup serta ruh Ormas dan LSM yang sesuai dengan UU terbaru ini.

Direktur Investigasi DPP LSM AMPUH, Jarpen Gultom SH., mengungkapkan bahwa acara yang digelar oleh Pemprop DKI ini sangat bermanfaat demi kemajuan LSM AMPUH kedepannya, karena pada UU baru ini mengatur bagaimana keleluasaan LSM atau Ormas sebagai kontrol dan penyeimbang dalam melihat kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat buat LSM AMPUH untuk kemajuan serta didalam UU yang baru juga mengatur bagaimana keleluasaan LSM dan Ormas sebagai kontrol sosial dan penyeimbang dalam setiap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah agar semuanya berjalan sesuai dengan harapan semua lapisan masyarakat,” papar Jarpen Gultom SH, saat ditemui usai pemaparan di sesi kedua dari Kemendagri. (DO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *