“Terobosan Mental: Berbondong Turun untuk Jakarta Kinclong”

sampah

Jakarta, Ampuh
Setelah memperoleh respon yang baik dari masyarakat luas dalam kegiatan Operasi Jakarta Bersih dan Monas Fun Cleaning Day, komunitas Bersih Nyok! kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Jakarta Kinclong, sebuah program yang dilaksanakan mulai 22 – 29 November 2014 di Taman Menteng, Jakarta Pusat, sebagai hasil kerja sama dengan Dinas Kebersihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bersih Nyok! kini mengemas kegiatan dengan cara yang berbeda dan beragam.Program Jakarta Kinclong akan diisi dengan kegiatan workshop, diskusi, talkshow, dan pameran desain tempat sampah kreatif dan tempat pembuangan sampah sementara, serta desain Community Center. Keberagaman bentuk acara ini ditujukan untuk merangkul dan mengajak semua kalangan untuk ikut berpartisipasi. Program yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ini juga menjadi momen peluncuran program Dinas Kebersihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu “Gerakan Pungut Sampah”.

Setelah sebelumnya mengadakan lomba desain tempat sampah dan lomba pembuatan video pendek, Jakarta Kinclong menjadi sarana untuk mempertunjukkan hasil karya-karya gemilang anak bangsa yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Membuang sampah di tempatnya adalah kesempatan untuk berperan menjaga lingkungan,” tutur Henny Supolo Sitepu dari Yayasan Cahaya Guru terkait kegiatan yang diadakan oleh Bersih Nyok! ini. Tak berhenti sampai di situ, Jakarta Kinclong juga memberikan apresiasi kepada pahlawan-pahlawan kebersihan yang telah banyak memberikan peranannya bagi kebersihan di ibu kota. Dengan melibatkan berbagai pihak dalam kegiatan ini, Jakarta Kinclong menjadi gong menuju perubahan sikap, dan terutama, mental masyarakat dalam menyingkapi kata “bersih” itu sendiri.

“Kebersihan adalah cermin keimanan. Sebagai umat beriman, nyok kita wujudkan kota yang bersih penuh kedamaian,” ungkap Prof.Musdah Mulia dari Indonsian Conference on Religion and Peace.

“Warga peduli, kota dan negeri lestari. Kalimat ini berlaku dalam semua aspek kehidupan, termasuk kebersihan yang merupakan cerminperadaban suatu bangsa,” demikian tutur dr. Amaranila Drijono, founder dari komunitas Bersih Nyok! ketika menjelaskan semangat yang terkandung dalam gerakan ini. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Bersih Nyok! diharapkan mampu membangkitkan dan menjadi pionir dari revolusi mental untuk membangun Indonesia, khususnya menjadikan warga ibu kota, menjadi lebih peduli terhadap sekitar, tidak hanya secara lingkungan, namun juga secara sosial.
###

Sekilas tentang Bersih Nyok! – Bersih Nyok! adalah sebuah komunitas yang bergerak untuk ibu kota yang lebih bersih. Berawal dari kegusaran akan sikap warga Jakarta yang tidak memperlakukan kota ini sebagai rumah sendiri, sekumpulan penggagas dari berbagai kalangan berdialog untuk bersama-sama bergerak menjalankan revolusi pemikiran masyarakat, untuk memberdayakan kata bersih, mulai dari gaya hidup, lingkungan, serta karakter. Bersih Nyok! telah banyak bekerja sama dengan pihak pemerintah mau pun swasta dalam melaksanakan program-programnya. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada www.bersihnyok.org. (Emilia/Yen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *