Cegah Longsor, BPBD Tanam Ratusan Mahoni di Pagaralam

herawadi (1)

Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi.

Pagaralam, Ampuh
Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam melakukan gebrakan penghijauan lingkungan dengan menanam ratusan bibit pohon mahoni di berbagai kawasan tandus dan gersang yang ada di sejumlah wilayah di Pagaralam.

Aksi tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor.

Pasalnya, beberapa kawasan di Pagaralam kerap menjadi daerah rawan longsor seperti kawasan Lematang Indah, Gunung Dempo dan kawasan Liku Endikat.

“Menanam pohon pelindung seperti mahoni ini, merupakan cara ampuh untuk mencegah erosi. Selain itu, juga mampu menjadi penahan tanah, agar tidak labil dan longsor. Hal ini nantinya bisa mencegah terjadinya tanah longsor,” ujar Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Tarmizi, kepada Radaronline, kemarin.

Dalam melakukan penanaman pohon tersebut, pihaknya menerjunkan sedikitnya 30 personel BPBD, dengan menyisir kawasan pinggiran kebun teh yang tidak jauh dari objek wisata tangga seribu.

“Setidaknya, ada 200 bibit pohon yang telah tanam di kawasan tersebut, dengan maksud selain untuk mencegah terjadinya bencana longsor, kita juga ingin terus menjaga lingkungan yang hijau,” katanya.

Pohon-pohon yang tumbuh besar nantinya dapat menjadi penguat tanah yang selama ini gundul dan labil, sehingga sangat rentan terjadi longsor.

“Semoga saja gerakan menanam pohon yang terus kita gencaran akan mampu membuahkan hasil dan akan mampu mengurangi bencana longsor ke depannya nanti,” jelasnya. (Rina/Yen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *